BENCANA DI DESA PESISIR TAHUN 2016

Sepanjang tahun 2016 tercatat sejumnlah 72 kejadian bencana di Kabupaten Probolinggo meliputi Kekeringan, Banjir, Longsor, Angin Kencang, Pohon Tumbang, Kebakaran Hutan Lahan, ROB dan Kegagalan Teknologi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 2.342 bencana terjadi sepanjang 2016. Data BNPB menyebutkan kejadian bencana tahun ini merupakan tertinggi sejak kurun waktu 14 tahun terakhir yaitu kejadian bencana meningkat 35% dibandingkan tahun 2015
Sejumlah 66 % dari 24 Kecamatan di Kabupaten Probolinggo terdampak kejadian bencana. Berdasarkan data bencana, kejadian longsor mendominasi sepanjang tahun ini yakni sejumlah 29 %, Angin 25%, Banjir 17%, Kebakaran, Kekeringan dan Erupsi sebanyak 13%. Sedangkan gempa bumi sebanyak 0%. Sempat terpantau pada November 2016 terjadi Gempa Bumi yang berpusat di Malang, Jawa Timur dengan kekuatan 5,8 SR (Sumber: BMKG) getaran gempa dirasakan di Seluruh Wilayah Jawa Timur, Jember, Lombok, Yogyakarta termasuk Kabupaten Probolinggo namun tidak menimbulkan dampak dan korban di Probolinggo.

Pada tahun 2016 sempat terjadi cuaca ekstrim di wilayah Kabupaten Probolinggo yang berdampak pada beberapa kecamatan secara tersebar dan terjadi bersamaan. Jembatan rusak, pohon tumbang, angin kencang, longsor dan banjir terjadi akibat kondisi tersebut. Berbagai kejadian bencana di Kabupaten Probolinggo berdampak pada beberapa aspek diantaranya Aktifitas Masyarakat, Lingkungan, Infrastruktur, Kerugian Material dan Korban. Bencana dapat memicu peningkatan angka kemiskinan. Sebagian besar bencana menimpa masyarakat yang miskin. Bencana melanda daerah-daerah rawan bencana yang menyebabkan keluarga miskin meningkat karena gagal panen, kehilangan aset produksi dan terganggunya kehidupan sehari-hari. Bencana yang paling sering terjadi di Desa Pesisir Kecamatan Sumberasih adalah bencana genangan banjir luapan dari sungai yang membelah desa. Berikut adalah peta kejadian banjir di Kabupaten Probolinggo tahun 2016. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kode Pos Kecamatan Sumberasih

Profil Desa Pesisir Sumberasih Probolinggo